Selasa, 06 Desember 2016

Ayo Berhidroponik

Ada 6 tipe dasar dalam sistem hidroponik yang saya ketahui dan tentunya sambil lihat-lihat artikel dari tetangga sebelah serta mencoba merangkumnya disini, 6 system itu adalah : Wick System, Water Culture, Ebb dan Flow (Flood & Drain), Drip System, NFT (Nutrient Film Technique), dan Aeroponik. Beberapa system tsb bisa Anda modifikasi sesuai kemampuan dan kreatifitas yang Anda miliki dalam merancang system hidroponik untuk tanaman hidroponik Anda. Nah kali ini saya ingin mencoba membahas Tipe Hidroponik dengan system yang paling sederhana yaitu Wick System.
botol aqua sistem wick Wick System adalah sistem yang paling sederhana dari ke 6 dasar sistem hidroponik. Ini adalah sistem pasif, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah nutrisi dengan sumbu, biasanya sumbu menggunakan kain flannel atau jenis bahan lain yang mudah menyerap air. Wick System ini biasanya menggunakan media tanam seperti Perlite, Vermiculite, batu kerikil, hydroton, sekam bakar, cocopeat dan Rockwoll. Kelemahan terbesar dari sistem ini adalah jika tanaman besar dan menggunakan air, akan lebih banyak menyerap air dari daya serap sumbu, maka jika tidak terkontrol kebutuhan air nutrisi maka tanaman mudah sekali layu. Jadi harus rajin-rajin cek airnya ya jangan sampai habis dan layu baru segera buat nutrisinya.
hidroponik-2 Cara bertanam hidroponik Wick System atau sumbu ini sangat mudah diterapkan terutama untuk tanaman hidroponik sayur seperti kangkung, sawi, seledri, pakcoy, selada dan jenis sayuran lainnya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar